Keperawatan D3

SEJARAH PENDIRIAN PROGRAM D3 KEPERAWATAN

Program Diploma III Keperawatan UMM berdiri sejak tahun 1993 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: HK.00.06.1.1.3663 tanggal 5 Oktober 1993. Ijin penyelenggaraan tersebut bersifat sementara dengan masa berlaku 2 (dua) tahun, Dan untuk selanjutnya harus diperbaharui setelah dua tahun masa perkembangan.Pada tahun 1997, Program Diploma III Keperawatan, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Pusat Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan Nomor: HK. 00.06.4.3.3704, mendapatkan penetapan strata akreditasi  jenjang strata B dengan nilai 81,11, sehingga pada tahun yang sama mendapatkan kembali ijin penyelenggaraan sementara dalam kurun waktu yang meningkat menjadi 4 (empat) tahun dan alokasi peserta didik sejumlah 60 (enam puluh) mahasiswa. Ijin penyelenggaraan pendidikan tersebut berdasarkan surat keputusan Menteri Kesehatan RI nomor : HK.00.06.1.1.3907 yang tertanggal 3 Desember 1997. 

Pada tahun 2001, berdasarkan surat keputusan menteri kesehatan dan kesejahteraan sosial RI Nomor : HK.00.06.1.1.02006, tanggal 6 Juli 2001, Program Diploma III Keperawatan mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan pendidikan kembali selama masa 4 (empat) tahun, dan berdasarkan surat keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan, Nomor: HK.00.06.2.2.3003, tanggal 16 Agustus 2002, mendapatkan penetapan strata akreditasi jenjang strata A dengan nilai: 90.00, yang berlaku selama 5 (lima ) tahun, dan berhak menerima mahasiswa baru sejumlah 100 orang.

Selain itu juga sudah mendapatkan ijin dari Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 45/D/O/2007 tanggal 29 Maret 2007, sehingga Program Studi ini telah mendapatkan pengakuan dari Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Kesehatan untuk mencetak tenaga keperawatan yang profesional. Pada tahun 2008 berdasarkan surat keputusan Kepala Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan Departemen Kesehatan, Nomor: HK.00.03.2.2.0154, tanggal 30 Januari 2008, mendapatkan penetapan strata akreditasi jenjang strata A (nilai 90,06) yang berlaku selama 5 (lima ) tahun, dan berhak menerima mahasiswa baru sejumlah 100 orang.

» Visi Misi

VISI-MISI DAN TUJUAN PROGRAM DIPLOMA III KEPERAWATAN UMM

  • Visi Program D3 Keperawatan UMM

Visi Program Diploma III Keperawatan UMM adalah : menjadi Program Diploma III Keperawatan yang terkemuka dan     berkeunggulan dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan keperawatan serta keimanan dan ketaqwaan dalam upaya mengembangkan wacana keilmuan dan keislaman.

  • Misi Program Diploma III Keperawatan UMM
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keperawatan dengan kemampuan dasar tambahan dalam bidang Perawatan kegawatdaruratan.
  2. Menyelenggarakan kerjasama untuk meningkatkan pertumbuhan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan keperawatan dan kelembagaan dengan berbagai pihak
  3. Menyelenggarakan pendidikan yang Islami sehingga menghasilkan lulusan yang beriman dan bertaqwa serta mampu mengamalkan kemampuan akademiknya secara profesional yang Islami
  4. Menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesional sehingga menghasilkan lulusan yang mampu mengidentifikasi masalah serta memberikan alternatif pemecahan dengan pendekatan ilmiah sesuai dengan kemajuan teknologi dalam bidang keperawatan.

» TUJUAN

Tujuan Program Diploma III Keperawatan UMM
Tujuan Program Diploma III Keperawatan UMM adalah menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi sebagai berikut:

  1. Menguasai dan mengamalkan Ilmu Pengetahuan, dan Teknologi Keperawatan serta Ketrampilan Keperawatan Profesional dengan kemampuan tambahan dalam bidang Perawatan kegawatdaruratan
  2. Mempunyai sikap dan perilaku sebagai perawat yang berakhlakul kharimah.
  3. Memiliki kemampuan dasar untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris

» KERJASAMA

Program Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang dalam pelaksanaan proses belajar mengajar bekerjasama dengan  berbagai pihak, adapun kerjasama tersebut antara lain :

a. Kerjasama lintas fakultas :

1. Fakultas Kedokteran

2. Fakultas Psikologi

3. Fakultas Agama islam

4. Fakultas Hukum

5. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

6. Fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan

b. Kerjasama dengan pihak (dalam proses belajar mengajar dan pendayagunaan alumni) :

  1. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Saiful Anwar Malang
  2. Rumah Sakit Islam Aisyiah Malang
  3. Rumah Sakit Umum Paru Batu
  4. Rumah Sakit Umum daerah Kanjuruhan Kepanjen Kabupaten Malang
  5. Rumah Sakit Umum Daerah Ngudi Waluyo Wlingi
  6. Rumah Sakit Umum Daerah Dr. R. Soedarsono Kota Pasuruan
  7. Rumah Sakit Jiwa Dr. Radjiman Wediodiningrat Lawang
  8. Dinas Kesehatan Kota Malang, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Dinas Kesehatan Kota Batu sebagai lahan Praktek Keperawatan Komunitas dalam bentuk PKMD/K (Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa/Kota)
  9. Dinas Pendidikan Kota Malang dalam pengembangan dan pembinaan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) pada sekolah di wilayah Kota Malang, sekaligus sebagai mitra sekolah dalam meraih juara lomba UKS tingkat propinsi maupun tingkat nasional. Program D3 Keperawatan FIKes UMM sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang ikut serta dalam pengembangan UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)